Mengembangkan Cara Belajar Lebih Tepat

Ditulis Oleh Reni Sartika

Berlatihlah belajar lima belas menit setiap hari dalam seminggu!

Temukan gaya belajarmu sendiri!

Ada sebuah pepatah, yang mengatakan bahwa dari pikiran akan lahir perbuatan, dan dari perbuatan akan lahir (kebiasaan). Kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari, dapat menjadi penentu, apakah Anda termasuk orang yang sukses atau tidak. Memang, di era informasi seperti ini, penggunaan media sosial tidak dapat dihindari.

Bahwa setiap perjalanan sukses masing-masing orang unik dan berharga, serta tidak dapat dibanding-bandingkan. Tetaplah fokus mengembangkan diri sendiri. Ingatlah!

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard, istirahat cukup pada malam hari dapat mengingat 35% lebih baik dibandingkan dengan pada pagi hari.

Tokoh Elon Musk, seorang CEO dari SpaceX, menghabiskan waktunya paling tidak 4 jam dalam sehari untuk membaca buku. Sedangkan Bill Gates membaca buku 1 jam setiap harinya sebelum tidur.

Terbuka untuk ilmu-ilmu dan opini baru membuat seseorang akan memiliki pandangan yang lebih luas, sehingga lebih bijaksana dan lebih mudah dalam mencapai kesuksesan.

 “Maka janganlah berputus semangat dalam menghadapi ataupun proses pengembangan cara belajar yang baik dan lebih tepat.”

blank

_________________

Malcolm Gladwell, dalam bukunya yang berjudul Outliers, menyatakan bahwa untuk menjadi ahli dalam suatu hal, Anda membutuhkan waktu sekitar 10.000 jam untuk melatih hal tersebut. Jika sudah melampaui waktu ini, Anda dijamin dapat mahir melakukan apa pun yang Anda latih.

Pernyataan ini merupakan hasil dari pengamatan sang penulis terhadap orang-orang yang dianggap sukses. Sudah berapa jam Anda melatih kemampuan diri untuk sukses di bidang yang Anda geluti? Belum mencapai 10.000 jam? Jangan lelah dulu, terus berlatih.

Dari sini, dapat dilihat proses penataan sampai pengembangan belajar.

__________________

Proses penataan pengembangan:

  • Olahraga, Meditasi, dan Bersosialisasi

Terdapat beberapa aktivitas yang telah terbukti dapat mengembangkan kemampuan otakmu seperti berolahraga, meditasi rutin, ataupun berdiskusi dengan teman-teman kamu. Hal-hal tersebut bertujuan merangsang pembentukan neuron-neuron baru di dalam otak.

  • Belajar di Lingkungan yang Kaya Visual

Kamu dapat menghafal dengan jauh lebih cepat dan efektif di lingkungan lebih kaya akan keragaman secara visual.

Contoh: “Kelompok yang belajar dengan cara berpindah tempat dapat mengingat kata-kata acak tersebut 40% lebih baik dibandingkan dengan kelompok lainnya yang tidak berpindah. Jadi, kamu juga bisa menerapkan teknik berpindah tempat ini ya agar proses mengingatmu menjadi lebih cepat.”

  • Belajar dengan Menyenangkan Namun Serius

Sebuah studi sains modern mengatakan bahwa “Belajar dengan menyenangkan/fun akan mempercepat kamu memahami dan mengingat suatu hal. Oleh sebab itu, Energi positif sangat penting dalam proses belajarmu.”

________________

Sampai pengembangan belajar:

  • Belajar dengan Interval

Untuk dapat mengingat sesuatu dalam jangka waktu yang lama, ulangi belajarmu dengan berkala atau berinterval.

Sebagai contoh ketika kamu menghafalkan sebuah kosa kata di dalam sebuah kamus, “Belajar paling efektif adalah dengan mereview kata-kata tersebut dalam 1 atau 2 hari setelah kamu menghafal kata-kata tersebut pertama kali, kemudian setelah seminggu, dan setelah satu bulan. Hal ini jauh lebih baik dan efektif dibandingkan mengulanginya setiap hari.” Tentunya hal ini tergantung pada kebutuhanmu belajar materi tersebut dan waktu yang menuju hari ujian.

  • 30% Membaca, 70% Mengulangnya

Jika kamu memiliki waktu 1 jam untuk mempersiapkan presentasi/pidato. Gunakan 20 menit untuk membaca dan mempelajarinya. Kemudian gunakan 40 menit untuk mempraktekkannya. Jadi, “Gunakan 2/3 waktumu untuk mengulang dan mempraktekannya. Sedangkan 1/3 dari waktu untuk memahami materinya.”

  • Lakukan Tes Diri

Tepat setelah kamu belajar, “Usahakan lakukan tes untuk dirimu sendiri secara cepat atas materi yang sudah kamu pelajari.” Bukan tes yang susah dan lama, hanya instant test yang mewakili materi pelajaranmu.

  • Jangan Memaksakan Diri

Ketika kamu sedang tidak mood untuk belajar, lakukan sesuatu yang dapat mengembalikan mood-mu. Jadi, “Belajarlah tanpa ada paksaan baik dari orang lain ataupun suatu hal.”

_____________________

Hasil sebuah riset:

Spaced Repetition atau Pengulangan Berkala

Untuk memaksimalkan belajarmu, “(belajar sebentar namun sering).” Neurosaintis membuktikan bahwa sinapsis (titik temu antara terminal salah satu neuron dengan neuron lain), yang membuatmu mengingat dan memahami banyak hal . Ini berarti bahwa “akan lebih produktif untuk belajar secara teratur, dengan beristirahat, tidur diantaranya.

“Coba kamu buktikan sendiri, berlatihlah belajar lima belas menit setiap hari dalam seminggu. Cara belajar seperti itu akan menunjukkan kemajuan yang signifikan.”

Daftar Pustaka:

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Warung Sains Teknologi
Artikel Berhubungan:

1 tanggapan pada “Mengembangkan Cara Belajar Lebih Tepat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *