Mobil Bermesin Dua Untuk Mengatasi Kehabisan Bahan Bakar

Ditulis Oleh Afif Firdaus Seiring berkembangnya zaman perkembangan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari awal manusia diperkenalkan dengan teknologi […]

blank

Ditulis Oleh Afif Firdaus

Seiring berkembangnya zaman perkembangan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari awal manusia diperkenalkan dengan teknologi sampai ke era modern. Permasalahan lingkungan sudah menjadi hal yang wajar, krisis energi sudah menjadi perbincangan yang lumrah. Bahan bakar minyak sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) tak jarang menjadi bahan perbincangan masyarakat, dan perlu solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, energi alternatif pun menjadi solusi yang tepat.

Ada beberapa energi alternatif untuk mengatasi permasalahan ini, khususnya pada kendaraan bermotor. Dengan menggunakan mesin bertenaga listrik. Listrik ini pun bisa didapat dari beberapa sumber contohnya perubahan energi panas menjadi listrik, perubahan energi gerak menjadi listrik dan lain sebagainya. Contoh kendaraan yang memanfaatkan energi listrik mungkin saat ini sudah ada yang mengembangkan akan tetapi belum menyeluruh (secara nasional). Ada yang menggunakan panel surya dan ada yang menggunakan charger bahkan dengan mengkombinasikan keduanya. Menurut saya, hal ini memang menjadi solusi, akan tetapi kendaraan yang diterapkan prinsip ini jarak tempuhnya terjangkau, karena untuk saat belum ada tempat umum untuk pengisian baterai sehingga harus mengisi sendiri di rumah atau tempat-tempat tertentu.

Panel surya sudah menjadi salah satu solusi. Akan tetapi, harganya yang mahal menjadi pertimbangan untuk menerapkan panel surya sebagai pengganti bahan bakar. Meskipun panel surya banyak mengalami penurunan harga, harga panel surya masih terbilang mahal, yaitu sekitar $ 12000-18000. Di balik keunggulannya yang ramah lingkungan, ternyata jika tidak berhati-hati dalam mendaur ulang panel surya dapat menyebabkan kerusakan lingkungan juga, karena kandungan di dalam panel surya seperti silikon, selenium dan lainnya, dimana itu semua merupakan gas rumah kaca yang berdampak pada kerusakan lingkungan.

Dibalik kekurangannya ada beberapa keunggulan yang dimiliki yaitu ramah lingkungan dan hemat energi, apabila digunakan di negara yang bersuhu tinggi alat ini sangat cocok. Alat ini pun tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya selama penggunaannya masih dalam prosedur yang sudah ada dan berhati-hati. (Perkasa, 2019)

Inovasi mobil bertenaga surya. Keunggulan yang dimiliki oleh kendaraan ini yaitu kendaraan ini adalah kendaraan yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara dan suara, dan lebih hemat uang dari pada kendaraan bermotor. Akan tetapi, kendaraan ini masih punya beberapa kekurangan yaitu tenaga yang dihasilkan kurang kuat dan kurang efisien di setiap saat, karena mobil ini bergantung pada cahaya matahari dan panas matahari, maka kurang efisien jika dibawa berkendara jarak jauh yang memerlukan waktu 24 jam. (Keunggulan dan Kekurangan Kendaraan Bertenaga Surya atau Matahari, 2017)

Energi listrik bisa kita dapati dari sumber manapun. Salah satu contohnya adalah energi gerak, energi gerak apabila kita teliti bisa diubah menjadi energi listrik. Sudah banyak yang memakai enrgi gerak ini menjadi salah satu energi alternatif untuk menghasilkan listrik. Contohnya pada pembangkit listrik tenaga angin yang memanfaatkan energi gerak turbin untuk menghasilkan listrik.

Pada pembangkit listrik tenaga angin terdapat beberapa komponen penting yang bisa juga diterapkan pada mobil bermesin dua ini yang memanfaatkan beberapa sumber energi, diantara komponen penting pada pembangkit listrik tenaga angin ini yaitu generator alat ini sudah pasti harus ada, karena ini adalah komponen yang mengubah energi gerak menjadi listrik. Komponen lainnya yaitu ada gearbox, gearbox pada pembangkit listrik tenaga angin (PLTA) ini berfungsi mengubah putaran rendah pada kincir menjadi putaran tinggi. Dalam hal ini juga, kita memanfaatkan putaran roda mobil. Beberapa komponen penting yang mengubah energi gerak menjadi energi listrik ditempatkan pada roda mobil, karena prinsip kerjanya mirip dengan PLTA. Setelah gearbox ada komponen yang tak kalah pentingnya yaitu brake system yang menjaga putaran pada poros setelah gearbox. Setelah itu, ada tempat penyimpanan untuk menampung daya yang dihasilkan dari proses perubahan energi tadi. (wikipedia)

Mobil yang memakai BBM berdampak pada polusi udara yang dapat mencemari lingkungan menurut riset, jumlah kendaraan tiap tahunnya mengalami kenaikkan yang besar. Pada tahun 2011 jumlah mobil penumpang 8,540 jt. Pada tahun 2012 yaitu 9,525 jt dan 2013 mencapai 10,540. (Ismiyati, Marlita, & Saidah, 2014). Kita ambil satu sample saja sudah tak terhitung gas polusi yang dikeluarkan. Disamping itu kendaraan BBM memiliki kelebihan diantaranya memiliki tenaga yang kuat dan pengisian bahan bakar yang mudah.

Mobil listrik adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini. Namun inovasi ini masih ada beberapa kekurangan yang harus dikaji diantaranya yaitu pengisian baterai yang memakan banyak waktu bahkan lebih dari 1 jam, jangkauannya pun terbatas. (5 Kekurangan Mobil Listrik Dibandingkan dengan Mobil Bahan Bakar Minyak Paling Lengkap, 2018). Oleh karena itu, dengan kelebihan dan kekurangan yang ada pada masing-masing kendaraan, jika kendaraan memakai kedua mesin ini akan lebih efisien walaupun tidak 100%.

blank

Prinsip kerja mobil ini yaitu dengan memanfaatkan mesin berbahan bakar minyak sebagai pemicu mobil untuk bergerak, ketika sudah bergerak generator pada roda depan mobil akan mengubah energi gerak menjadi energi listrik yang nantinya masuk ke dalam baterai, ditambah energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya, sebagai cadangan energi dikala bensin habis dan jauh dari peradaban. Jadi sederhananya, mobil ini memudahkan pemiliknya apabila terjadi kehabisan bahan bakar ditengah hutan atau gurun yang jauh dari pemukiman.

Referensi:

(n.d.). Retrieved Agustus Jumat, 2019, from wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Turbin_angin

5 Kekurangan Mobil Listrik Dibandingkan dengan Mobil Bahan Bakar Minyak Paling Lengkap. (2018, Agustus Rabu). Retrieved Agustus jumat, 2019, from ShowroomMobil.co.id: https://showroommobil.co.id/info-mobil/kekurangan-mobil-listrik-dibandingkan-dengan-mobil-bahan-bakar-minyak/

Ismiyati, Marlita, D., & Saidah, D. (2014). Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog) , 2355-4721.

Keunggulan dan Kekurangan Kendaraan Bertenaga Surya atau Matahari. (2017, Agustus Selasa). Retrieved Agustus Kamis, 2019, from teknologia.co.id: https://www.teknologia.co.id/2017/08/keunggulan-dan-kekurangan-kendaraan.html

Perkasa, U. R. (2019). solar cell surya. Retrieved Agustus Kamis, 2019, from solar cell surya: https://www.solarcellsurya.com/manfaat-panel-surya/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *