3 Tahapan Servis 1000 km Pertama Mobil Listrik

Servis 1000 km pertama mobil listrik
blank

Servis 1000 km pertama mobil listrik pertama kali dilakukan oleh youtuber terkenal asal Indonesia, yaitu Fitra Eri untuk melakukan perawatan Hyundai Kona Electric miliknya setelah menempuh lebih dari 1000 km pertamanya. Seperti mobil konvensional pada umumnya, mobil listrik juga memerlukan servis 1000 km pertama.

Mobil listrik dikenal dengan mobil less maintenance atau mobil yang sangat sedikit dilakukan perawatan, karena tidak memiliki komponen kompleks seperti pada mobil combustion engine.

Servis mobil dilakukan untuk menjaga perfoma mobil agar dapat berjalan dengan baik, namun pada artikel ini dikhususkan untuk mobil listrik Hyundai Kona Electric, karena mobil listrik pertama dari brand otomotif asal Korea yang berhasil mengaspal di jalan Indonesia dengan harga termurah dibandingkan pesaing lain.

blank

Baca Juga: Perusahaan Kendaraan Listrik Milik Anak Bangsa

Servis 1000 Km Pertama Mobil Listrik

1. Melakukan Scanning Mobil Listrik

servis 1000 km pertama mobil listrik
Sumber: Auto-Epc

Tahapan pertama saat melakukan servis 1000 km pertama mobil listrik adalah melakukan scanning terhadap mobil, pada proses ini Anda dapat mengetahui berbagai macam informasi berkaitan dengan kendaraan mobil listrik, khususnya Kona Electric.

Informasi yang terdapat dalam alat scanning tool tersebut berupa baterai setiap cell dari mobil listrik, apakah tegangan nya masih balance atau tidak, lalu fungsi setiap sensor dari mobil listrik, hingga informasi trouble dari mobil listrik jika kedapatan mengalami kendala.

Untuk melakukan scanning tool tersebut, setiap bengkel resmi milik Hyundai sudah memiliki alat khusus dan original dari Hyundai sendiri, dinamakan dengan GDS Mobile Scanning Tool yang terhubung dengan smartphone Android untuk melakukan pengecekan melalui tampilan interface.

2. Pengecekan Fungsi Electric Mobil

Selanjutnya pada poin kedua adalah melakukan pengecekan fungsi electric pada mobil, mulai dari mengecek kondisi lampu depan dan belakang, lalu lampu sein mobil, klakson, konektor charger 12 volt, dan lain sebagainya. Hampir mirip seperti proses PDI mobil saat sebelum pengiriman unit ke customer.

Karena masih tahapan awal, yaitu 1000 km pertama. Jadi pengecekan mobil tidak dilakukan menyeluruh terhadap kondisi mobil, dan tentunya mekanik tidak akan mengecek oli mesin mobil listrik, karena mobil listrik tidak memiliki oli mesin.

Tahapan pengecekan fungsi electric biasanya berlangsung cepat, jika terdapat masalah pada salah satu fungsi electric mobil pasti akan langsung terdeteksi melalui scanning tool tersebut, hanya saja tahapan kedua adalah pengecekan secara manual.

3. Membersihkan Filter Kabin

Terakhir dalam tahapan servis 1000 km pertama mobil listrik adalah membersihkan filter kabin di dalam mobil listrik, meskipun tidak terlalu kotor namun langkah ini biasanya sangat umum dilakukan mekanik untuk flushing debu-debu yang terdapat pada filter kabin.

Pada dasarnya, pembersihan filter kabin dapat dilakukan setiap 10.000 – 15.000 km pertama mobil, setelah lewat dari angka tersebut direkomendasikan untuk mengganti filter kabin, demi menjaga kenyamanan dalam berkendara.

blank

Penutup

Hyundai memberikan garansi selama 1 tahun free service jasa untuk mobil listrik, namun untuk 1000 km pertama dan 15.000 km pertama saja. Biasanya kita mengenal setelah 1000 km pertama, ada 5000 km pertama servis, namun Hyundai langsung merekomendasikan untuk melakukan servis berkala di angka 1000 dan 15.000 km pertama saja.

Hal tersebut dikarenakan kehandalan dari mobil listrik yang tidak perlu memerlukan banyak servis. Tetapi pada proses servis 1000 km pertama mobil listrik Anda juga bisa meminta spooring balancing kepada mekanik bengkel jika merasa steering pada mobil sudah tidak nyaman.

Baca juga:

Jadi, tidak perlu kaget lagi jika beberapa tahun ke depan Indonesia akan menjadi pusat industri mobil listrik terbesar di Asia Tenggara khususnya, bahkan dunia. Karena saat ini Hyundai sedang mendirikan pabrik khusus assembly mobil listrik di Cikarang beserta dengan pabrik baterai milik LG Chem.

Referensi:

[1] 1000 Km Pertama Perawatan Mobil Listrik – https://duniamasa.com/1000-km-pertama-perawatan-mobil-listrik/ diakses 5 Januari 2020.

[2] Servis Berkala Mobil Listrik Lebih Murah – https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/07/164100015/servis-berkala-mobil-listrik-murni-bisa-lebih-murah diakses 5 Januari 2020.

[3] Mobil Listrik Hyundai Perlu Dilakukan Servis Berkala – https://www.liputan6.com/otomotif/read/4404092/mobil-listrik-hyundai-tetap-perlu-servis-berkala-berikut-komponen-yang-diperiksa diakses 5 Januari 2020.

Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar