Dracula’s Chivito: Nama Terbaik untuk Objek Astronomi yang Baru Ditemukan

Para astronom telah menemukan sebuah bintang yang sangat muda dan berpenampilan tidak biasa—dan memberinya nama Dracula's Chivito, sesuai dengan sandwich populer dari Uruguay. Nama tersebut adalah penghormatan kepada objek yang paling mirip yang pernah kita lihat sebelumnya, yaitu Gomez' Hamburger yang juga tak kalah mengesankan.

blank

Para astronom telah menemukan sebuah bintang yang sangat muda dan berpenampilan tidak biasa. Ilmuwan memberinya nama Dracula’s Chivito, sesuai dengan nama sandwich populer dari Uruguay. Nama tersebut adalah penghormatan kepada objek yang paling mirip yang pernah ada sebelumnya, yaitu Gomez’ Hamburger yang juga tak kalah mengesankan.

blank
Bintang yang disembunyikan oleh cakram protoplanet sisi ini telah diberi nama Dracula’s Chivito setelah “taring” yang tidak terlihat dalam foto ini.
Kredit: Berghea dkk.

Bintang dapat bertahan selama miliaran tahun, namun paling menarik pada periode relatif singkat ketika mereka sedang lahir dan mati, sebagian karena tampaknya ada lebih banyak keragaman pada tahap-tahap tersebut daripada pada pertengahan umur. Salah satu contoh yang sangat dihargai adalah IRAS 18059-3211, yang ditemukan pada tahun 1985 dari foto-foto oleh Arturo Gómez. Bintang ini diberi nama Gomez’s Hamburger, atau GoHam, karena terlihat seperti daging di dalam roti.

Bintang GoHam menarik karena kita melihatnya selama periode ketika cakram sekitarnya belum mengembang menjadi planet, serta sudutnya yang tidak biasa. Meskipun berjarak 800 tahun cahaya (meskipun beberapa perkiraan lebih tinggi), bintang ini tidaklah dekat, namun tentu lebih nyaman untuk dipelajari dibandingkan sebagian besar galaksi. Yang menarik, bintang ini tidak berada di wilayah yang membentuk bintang lain, berbeda dengan sebagian besar bintang baru yang cenderung terkumpul dengan rapat.

Dibutuhkan 39 tahun sejak penemuan GoHam bagi kita untuk menemukan pasangannya, namun sekarang kita memiliki kesamaan yang sangat dekat. Selama waktu tersebut, para penulis sebuah makalah pracetak yang mengumumkannya mencatat bahwa telah diakui bahwa cakram-cakram yang berada pada sudut yang tepat dapat membantu kita menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari cakram-cakram yang kita lihat dari sudut yang berbeda.

Tim tersebut tidak sedang mencari saudara-saudara GoHam saat mereka membuat penemuan mereka, mereka justru mencari galaksi yang mungkin memiliki lubang hitam yang memakan materi yang jatuh. Dalam prosesnya, mereka menemukan sebuah objek yang disknya mereka katakan memiliki; “Penampilan bipolar khas dari cakram-cakram yang berada pada sudut yang tepat dengan bintang pusat yang benar-benar tersembunyi.” Pengamatan sebelumnya telah dilakukan pada panjang gelombang radio dan tidak mengungkap seberapa menariknya objek tersebut.

Studi lanjutan tentang GoHam mengungkap perkiraan massa 2,5 kali lebih besar dari Matahari. Massa dari cakram tersebut diperkirakan sebesar 0,03 massa surya, yang terdengar kecil sampai Anda menyadari bahwa itu 20 kali lebih besar dari setiap planet, asteroid, dan komet di Tata Surya yang digabungkan. Ada beberapa tanda bahwa sebuah planet sudah mulai terbentuk.

blank
Sebuah gambar Gomez’s Hamburger dari teleskop Hubble.
Kredit: NASA/diproses oleh Jud Schmidt CC by 2.0

Para astronom senang memberi objek-objek serupa nama-nama yang tematis serupa—seperti Mothra untuk bintang yang menyerupai salah satu yang disebut Godzilla—jadi penemuan baru membutuhkan sesuatu yang terkait dengan Gomez’s Hamburger. Dengan memperhatikan apa yang tampak seperti taring yang menonjol dari sisi utara, para penemu berpikir referensi kepada Dracula menjadi sesuai. Salah satu penulis, Dr. Ana Mosquera, berasal dari Uruguay dan tim mengadopsi saran dari negaranya untuk memberi nama sesuai dengan hidangan nasionalnya, sebuah roti yang diisi dengan steak sapi, keju, ham, dan berbagai sayuran.

Pengumuman tersebut menyebutkan referensi kepada objek-objek lain yang dijelaskan sebagai mirip dengan pasangan tersebut—namun semuanya jauh lebih kecil, baik karena ukuran intrinsik atau jarak yang lebih besar, dan oleh karena itu lebih sulit untuk dipelajari. Dracula’s Chivito atau DraChi, tampaknya 50 persen lebih besar dari GoHam, meskipun kemungkinan berada pada jarak yang serupa. Bintang pusatnya diduga lebih dari sepertiga lebih panas dari Matahari, sementara massa cakramnya juga diyakini sedikit lebih rendah dari GoHam.

Referensi :

[1] https://www.iflscience.com/draculas-chivito-is-this-years-best-name-for-a-newly-found-astronomical-object-72931 diakses pada 14 Februari 2024

[2] Ciprian T. Berghea, Ammar Bayyari, Michael L. Sitko, Jeremy J. Drake, Ana Mosquera, Cecilia Garraffo, Thomas Petit, Ray W. Russell, dan Korash D. Assani. Dracula’s Chivito: discovery of a large edge-on protoplanetary disk with Pan-STARRS. The Astrophysical Journal Letters, 2024; 962 (2): 1. arxiv.org/pdf/2402.01063.pdf

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *