Terapi Dengan Suara Hujan Agar Menjadi Lebih Rileks dan Tenang

blank

Hujan, pasti gak asing kan di telinga kalian?. Yup, hujan merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi di bumi. Secara singkat, proses terjadinya hujan dimulai dari proses evaporasi atau penguapan akibat bantuan dari sinar matahari, kemudian di fase selanjutnya air akan mengalami kondensasi atau pemadatan hingga menjadi embun sehingga akan membentuknya menjadi awan, kemudian terjadilah presipitasi atau jatuhnya butiran- butiran air yang kemudian disebut dengan hujan.

Berbicara tentang hujan, banyak sekali manfaat yang bisa di ambil saat datangnya hujan. Selain untuk menopang kehidupan bumi, hujan juga membantu manusia untuk lebih rileks dan tenang. Lho? Kok Bisa?

Allah Ta’ala berfirman,

blank

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِنْ بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنْشُرُ رَحْمَتَهُ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.” (QS. Asy Syuura: 28).

Nah dari ayat tersebut, menurut Tafsir dari Markaz Tafsir Riyadh adalah. Hanya Allah semata yang menurunkan hujan dari langit, dengannya Allah menyelamatkan manusia setelah mereka berputus asa darinya, Dia menebarkan RahmatNya diantara makhlukNya lalu Dia meratakan hujan kepada mereka, Dialah penolong yang mengurusi urusan hamba-hambaNya dengan kebaikan dan karuniaNya yang maha terpuji dalam pertolongan dan pengaturanNya.

Selanjutnya, dari sini bisa kita simpulkan, bahwa hujan adalah rahmat dari Tuhan, yang wajib kita syukuri. Lalu, kenapa hujan merupakan salah satu Rahmat yang harus kita syukuri?

Karena Hujan merupakan rizki bagi seluruh makhluk, sesuai dengan Firman Allah Ta’ala pada QS. Adz Dzariyat ayat 22 :

Allah Ta’ala berfirman,

وَفِي السَّمَاءِ رِزْقُكُمْ وَمَا تُوعَدُونَ

Dan di langit terdapat rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu.” (QS. Adz Dzariyat: 22). Yang dimaksud dengan rizki di sini adalah hujan sebagaimana pendapat Abu Sholih dari Ibnu ‘Abbas, Laits dari Mujahid dan mayoritas ulama pakar tafsir.

Ath-Thabari mengatakan, “Di langit itu diturunkannya hujan dan salju, di mana dengan sebab keduanya keluarlah berbagai rizki, kebutuhan, makanan dan selainnya dari dalam bumi.” (Lihat Tafsir Ath-Thabari, 21: 520)

ilustrasi orang kehujanan
Sumber: inovasee.com

Manfaat dan Kandungan Air Hujan

Manfaat dari air hujan memang banyak sekali, karena banyak kandungan air hujan yang sangat berpengaruh bagi kehidupan di bumi. Seperti garam, H20, Asam Nitrat dan Sulfat, serta Zat Karbon.

Selain manfaat dari air hujan itu sendiri, suara dari hujan juga sangat bermanfaat bagi kehidupan. Suara hujan merupakan suara dari alam yang bisa merangsang saraf otak menjadi lebih rileks.

Artikel Lainnya:

Musik Suara Alam

Music suara alam merupakan music tanpa adanya lirik dengan suara – suara angin, air, burung, hujan dan lain sebagainya. Suara alam sangat dekat dengan kehidupan setiap orang sehari – hari dan manusia memiliki daya tarik bawaan dengan alam, sehingga interaksinya dengan alam memiliki efek terapeutik terhadap manusia itu sendiri. ( Setyawan, Susilaningsih & Emaliyawati, 2013 )

Dinyatakan juga oleh E.O Wilson dalam bukunya biophilia mengemukakan bahwa manusia mempunyai ketertarikan dengan alam sehingga hubungan dengan alam mempunyai pengaruh terapeutik. ( Lichtzin, dkk, 2010 ). Suara hujan juga merupakan salah satu terapi komplementer yang memiliki pengaruh efektif dalam mengurangi gejala depresi.

Terapi Suara Hujan

So? Bagaimana hujan bisa dijadikan sebagai terapi?. Cukup dengan menikmati hujan, mendengarkan suara hujan, dan membuat jarak kedekatan dengan hujan. Karena untuk melakukan terapi suara hujan bisa dilakukan secara individu.

Maybe, Pertama fokuskan diri pada hujan, dengan cara mensyukuri akan kehadiran hujan. Minimalisir suara disekitar ( hal ini bisa dilakukan dengan menjauhi kerumuan/keramaian), tarik nafas dalam, hembuskan dan tenang. Minimalisir hal – hal yang bisa memancing emosi diri ( seperti terlalu memikirkan masalah yang sedang dihadapi ). Kedua, nikmatilah aroma hujan dan dengarkan lebih dalam suara hujan, suara hujan mempunyai kombinasi suara yang khas yang akan memberikan energy positif pada diri.

Baca juga:

 Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melakukan terapi suara hujan, meskipun di hari tersebut sedang tidak turun hujan. Salah satunya adalah dengan mencari channel youtobe yang menyediakan video dengan suara hujan, dengan memposisikan diri, karena hal ini dibutuhkan imajinasi untuk menghadirkan seakan – akan sedang turun hujan. Agar terapi dengan suara hujan ini sukses, ada baiknya dibersamai dengan rasa mensyukuri nikmat dari Tuhan. Karena dengan rasa syukur itu diri akan menjadi lebih tenang dan lebih ringan. Semoga membantu. Sekian. Terima kasih.

Referensi

  1. Maharani, Ayu. 2018. Suara Hujan Punya Manfaat Terapi Untuk Mental?. Klikdokter.com https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3617643/suara-hujan-punya-manfaat-terapi-untuk-mental
  2. Agregasi Solopos, Jurnalis. 2018. Gemericik Air Hujan Dapat Menenangkan, Ini Penjelasan Ilmiahnya. Okelifestyle. https://lifestyle.okezone.com/read/2018/11/13/481/1977183/gemericik-air-hujan-dapat-menenangkan-ini-penjelasan-ilmiahnya
  3. Tuasikal, Muhammad Abduh, Msc. 2011. Hikmah Diturunkannya Hujan. Rumaysho.com https://rumaysho.com/1967-hikmah-diturunkannya-hujan.html
  4. Mustajab, Athirah. 2014. Semoga Hujan Ini Mendatangkan Manfaat. Muslimah.or.id https://muslimah.or.id/5151-semoga-hujan-ini-mendatangkan-manfaat-bukan-azab.html
  5. https://tafsirweb.com/9118-quran-surat-asy-syura-ayat-28.html
  6. https://umma.id/article/share/id/6/45054
  7. Mahadi, Samala. 2020. Kegunaan Dan Manfaat Air Hujan Bagi Manusia | Bisa Jadi Obat Kanker ?. 99.co https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-air-hujan/
  8. https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fnationalgeographic.grid.id%2Fread%2F13904663%2Fsakit-karena-tubuh-terkena-rintik-hujan-sekadar-mitos-atau-fakta%3Fpage%3Dall&psig=AOvVaw2upnZlUIUYyY2FYmSC6N-t&ust=1603791261107000&source=images&cd=vfe&ved=0CAMQjB1qFwoTCOjbx46E0uwCFQAAAAAdAAAAABAD
  9. Wawuru, Nur Iman., Chrismis., Devis., Darwisman., Getzemane. 2019. Pengaruh Terapi Musik Suara Alam Terhadap Kualitas Tidur Pasien Kritis Di Ruang ICU RSU Royal Prima Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA. 5(2);647-679
  10. Lita., Heldiayana., Meisa. 2019. The Effects of Nature Sound to Blood Pressure. Journal Of Community Health. 5(3);132-138
Dewi Fadhilla Aryanti
to be friend
Artikel Berhubungan:

Sponsor Warstek.com:

Yuk Ajukan Pertanyaaan atau Komentar