Tetap Fokus Beraktivitas Harus Diperhatikan, Beginilah Caranya

fokus di lab

Halo sahabat warstek, setiap aktivitas yang kita lakukan di haruskan dalam keadaan fokus agar mendapatkan hasil maksimal. Salah satu di antaranya adalah bekerja dan belajar. Memang terkadang ada saja gangguan yang dapat menganggu konsentrasi dan fokus kita terhadap aktivitas yang di lakukan.

Ada banyak hal yang menganggu untuk fokus pada tugas atau pekerjaan yang sedang di lakukan karena ada saja pikiran kemana-mana. Terkadang rasa khawatir yang berlebihan, atau melakukan banyak hal sekaligus sehingga kamu tidak bisa tenang dan berkonsentrasi saat belajar atau bekerja. Atau bisa juga anda merasa tidak nyaman dengan yang di kerjakan, karena itu bukanlah hobi dan keinginan Anda.

Untuk itu kami akan memberikan beberapa tips supaya dapat menambah konsentrasi dan fokus, apa sajakah itu?

blank
Ilustrasi Seseorang Yang Fokus.
1. Alokasikan Waktu Anda Untuk Bermeditasi

Hal pertama ini memang penting untuk menambah fokus anda yaitu melakukan meditasi setidaknya 1 jam atau bisa juga lebih. Salah satu cara yang paling mudah untuk mengganti kegiatan meditasi adalah dengan berfokus pada pernapasanmu. Rasakan udara yang masuk ke saluran pernapasanmu dan hembuskan secara perlahan.

2. Terapkan Prinsip-Prinsip Dalam Fokus Anda

Ini sebenarnya dapat melatih diri sendiri untuk tanpa pamrih atau syarat. Hal ini memang membuat kita mampu menilai seseorang entah kepada diri sendiri atau kepada orang lain di sekitar kita. Belajar fokus terhadap diri sendiri tanpa menilai apapun dapat di artikan kita sedang belajar untuk fokus terhadap diri sendiri.

3. Bernapaslah Pelan Dan Dalam-Dalam, Pikirkanlah Yang Sekiranya Penting Untuk Kita

Untuk meningkatkan fokus kita salah satunya adalah dengan memulai tarik napas perlahan-lahan namun mendalam lalu hembuskan perlahan-lahan hingga habis. Sembari kita melakukan itu, kita juga memikirkan sebuah prioritas yaitu apa yang penting untuk kita kedepannya.

4. Cintailah Pekerjaan Anda

Terkadang kita tidak fokus atau tidak nyaman dengan pekerjaan kita meskipun tidak ada gangguan. Hal ini di sebabkan karena itu bukanlah hobi dan keinginan kita sehingga menyebabkan hal-hal seperti itu. Salah satu yang membuat kita semakin fokus yaitu dengan mencintai apa yang sedang kita kerjakan sebisa mungkin. Karena semudah apapun pekerjaannya, kalau kita sendiri tidak tertarik untuk mengerjakannya, berarti sama saja itu akan terasa sulit bagi kita.

5. Pahamilah Kemampuan Diri Sendiri

Pahami kemampuan diri sendiri itu memang cukup penting untuk meningkatkan fokus kita. Nah, kurangnya kemampuan fokus terhadap diri sendiri bakal beresiko salah mengambil keputusan. Ini akan mengakibatkan kerugian pada diri sendiri atau mungkin orang lain. Kondisi ini biasanya sama dengan kurangnya perasaan berharga yang menimbulkan sabotase pribadi secara sadar atau tidak sadar. Ini juga dapat menjadikan tidak mampunya seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang paling mendasar sekalipun.

6. Jangan Paksakan Mengerjakan Dua Aktivitas Atau Lebih Sekaligus Dalam Satu Waktu

Sering kali anda melihat orang atau anda sendiri melakukan 2 aktivitas sekaligus atau Multitasking. Karena ini cukup melemahkan atau merepotkan anda. Ketika Anda memutuskan untuk mengerjakan sesuatu, maka fokuslah pada aktivitas itu saja. Sebab, jika Anda tetap untuk melakukan semuanya dalam satu waktu, maka kemungkinan besar tidak ada satupun pekerjaan yang cepat di selesaikan. Untuk itu fokuslah pada salah satu pekerjaan terlebih dahulu, sebelum melakukan pekerjaan lainnya agar lebih fokus lagi.

7. Kurangi Distraksi Di Sekitarmu

Terkadang masih banyak yang menyepelekan hal ini. Padahal ini salah satu yang dapat mengurangi fokus anda. Adapun contoh dari distraksi tersebut adalah meja kerja yang berantakan, teman-teman yang berisik, dan menyetel musik terlalu keras. Terlalu sering berselancar di media sosial saat bekerja juga termasuk ke dalamnya. Untuk itu, cobalah mengurangi distraksi tersebut dengan mencari tempat yang sepi. Ini dapat meminimalisir distraksi yang ada di sekitar anda dan dapat meningkatkan produktivitas anda.

8. Jangan Lupa Sarapan

Dengan sarapan, anda bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi anda. Selain itu, sarapan juga dapat memberikan energi harian, memberikan mood, menjaga berat badan, dan menjaga metabolisme tubuh anda.

9. Lakukan Kegiatan Yang Membuat Anda Bahagia

Suatu kegiatan memang berpengaruh pada fokus dan konsentrasi anda. Hal yang membuat anda lebih fokus lagi yaitu dengan melakukan sesuatu yang membuat anda merasa bahagia. Caranya mungkin dengan berolahraga, membaca buku, jalan-jalan santai, melakukan berbagai kegiatan keagamaan atau dengan kegiatan lain.

10. Tinggalkan Apapun Yang Membebankan

Setiap orang pasti memiliki bebannya masing-masing termasuk penulis. Tetapi ada aja orang yang mencampur adukan beban yang mereka alami. Misalnya anda mempunyai beban di kantor, namun anda juga memiliki beban di rumah. Salahnya terkadang suka membawa beban yang ada di rumah pada lingkungan kantor, atau pun sebaliknya. Yang pada akhirnya akan melihat semua hal yang menjadi serba salah di mata anda, dan ini pun dapat menyebabkan anda akan mudah menjadi stress.

11. Minum Air Selalu

Tahukah apa yang terjadi jika seseorang mengalami dehidrasi ? Nah, orang tersebut akan lebih mudah tersinggung, sulit fokus, dan sakit kepala di bandingkan dengan yang cukup minum air putih. Itulah pentingnya selalu minum air dengan cukup untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

12. Gunakanlah Teknik Podomoro

Apa itu ? Teknik podomoro pada dasarnya itu waktu yang di bagi menjadi beberapa sesi. Sebagai contoh, anda memiliki waktu belajar sekitar 120 menit. Nah, sesi pertama belajarlah selama 15 menit pertama, kemudian jeda selama 5 menit, setelah itu kembalilah belajar 15 menit, lalu jeda lagi selama 5 menit. Begitulah seterusnya hingga waktu belajar anda sudah habis. Sewaktu jeda gunakanlah untuk beristirahat sejenak dengan lakukan kegiatan yang membuat anda kembali fresh.

13. Jika Bisa Sendiri Janganlah Kerja Atau Belajar Kelompok

Belajar atau kerja kelompok memang banyak manfaatnya seperti melatih kemampuan diskusi, kepemimpinan, empati, dan lainnya. Tetapi terkadang itu tidak membuat anda benar-benar fokus terhadap itu. Untuk itu, lakukanlah sendiri jika anda bisa sendiri. Namun jika tidak memungkinkan maka lakukanlah teknik Feynmann. Yaitu dengan membagi tugas kepada teman-temanmu supaya anda tetap belajar sendiri dengan menyederhanakan suatu materi. 

14. Teruslah Berlatih Konsentrasi Dan Fokus

Seorang atlet hebat pun pasti perlu berlatih yang tentunya tidak sebentar. Begitu juga anda, jika anda ingin tetap fokus dan konsentrasi yang maka anda tetap latihan, terutama langkah-langkah yang ada di atas ini.

15. Fokuslah Pada Tujuan Anda

Dan yang terakhir, penting juga untuk selalu mengingat bahwa Anda mempunyai tujuan yang harus Anda wujudkan. Usahakan untuk berpikir ke depan janganlah berpikir ke masa lalu anda.

Penutup

Pada intinya anda memiliki suatu aktivitas yang perlu di selesaikan, dan anda pasti membutuhkan konsentrasi dan fokus agar mendapat hasil yang maksimal. Memang perlu latihan setiap harinya untuk meningkatkan fokus, ini memang penting untuk kita semua. Mungkin ini saja yang penulis sampaikan, semoga bermanfaat untuk semua dan mohon koreksinya ya. Terima kasih.

Sumber

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 0 / 5. Banyaknya vote: 0

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

Baca juga:
Rachmat Arief Murditanto
Latest posts by Rachmat Arief Murditanto (see all)
Artikel Berhubungan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *