Lompat ke konten

Relevansi Warna Bulu Pada Burung Terhadap Ketenangan Terbang Saat Bermigrasi

burung
Print Friendly, PDF & Email

Apa itu Migrasi ?

Migrasi mungkin dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai pergerakan populasi burung yang terjadi pada waktu tertentu, dari tempat berkembangbiak menuju tempat mencari makan dalam waktu tertentu. Hal ini mungkin tidak salah karena asumsi umum untuk migrasi adalah berpindah tempat. Faktanya, menurut Professor Peter Berthold dari Max Plank Institute, menerangkan bahwa migrasi burung adalah fenomena biologis burung [1].

Migrasi Burung

Setengah dari lebih 10.000 spesies burung di Dunia bermigrasi, mulai dari burung Kolibri atau Hummingbirds hingga bangau rejan raksasa atau giant whooping cranes. Sayap yang lebih panjang dan otot yang kuat dapat membantu burung-burung ini melintasi hamparan udara yang luas. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa hampir semua spesies burung memiliki ketenangan saat penerbangan dipengaruhi oleh warna bulunya yang lebih terang [2].

Efek Warna Burung Saat Bermigrasi

Sebuah studi melaporkan bahwa burung yang lebih berwarna terang dapat membantu penerbang jarak jauh ini tetap tenang saat mereka bekerja keras di bawah terik matahari untuk terbang. Hal ini dilaporakan oleh para peneliti di Journal of Current Biology pada 6 Desember 2021. Menurut Delhey et al, warna dapat membantu burung bersembunyi dari pemangsa dengan membaur, atau menarik pasangan dengan menonjol. Tetapi warna juga memiliki efek yang lebih halus, termasuk mengatur suhu dengan menyerap atau memantulkan cahaya, kata Kaspar Delhey, ahli burung di Institut Ornitologi Max Planck di Seewiesen, Jerman.

Burung yang bermigrasi mendorong tubuh mereka ke batas fisiologis, yang menciptakan panas berlebih. Beberapa spesies burung mengatasinya dengan naik ke udara yang lebih dingin di siang hari. “Jika kepanasan adalah masalah pada burung yang bermigrasi, cara lain untuk mengatasinya adalah dengan mengembangkan warna yang lebih terang pada bulunya yang menyerap lebih sedikit panas” Ungkap Delhey.

Delhey dan rekannya menganalisis lebih dari 20.000 ilustrasi dari 10.618 spesies burung dan mengurutkan tingkat kecerahan bulu untuk setiap spesies dan juga membandingkannya dengan seberapa jauh burung itu terbang. Rata-rata, warna burung yang lebih terang sedikit meningkat dengan jarak migrasi. Migrator jarak terjauh sekitar 4 persen lebih terang bulunya daripada non-migran, namun efek tidak dijelaskan oleh ukuran, iklim atau tipe habitat untuk spesies yang berbeda.

Referensi

[1] Berthold, P. Bird Migration: A General Survey. Oxford, UK: Oxford University Press, 2001.

[2] K. Delhey et al. Migratory birds are lighter coloured. Current Biology. Published online December 6, 2021. doi: 10.1016/j.cub.2021.10.048

Setelah selesai membaca, yuk berikan artikel ini penilaian!

Klik berdasarkan jumlah bintang untuk menilai!

Rata-rata nilai 5 / 5. Banyaknya vote: 1

Belum ada yang menilai! Yuk jadi yang pertama kali menilai!

SLAMET FAUZI