Inilah yang Terjadi Jika Seseorang Menyentuh “kaki gajah” di Reaktor Chernobyl

Benda di atas yang disebut sebagai “kaki gajah” yang berada di Reaktor Chernobyl yang merupakan salah satu benda paling berbahaya […]

blank

blank

Benda di atas yang disebut sebagai “kaki gajah” yang berada di Reaktor Chernobyl yang merupakan salah satu benda paling berbahaya di muka bumi.

Ketika peristiwa Chernobyl terjadi, banyak upaya yang dilakukan untuk menanganinya. Salah satunya adalah menutup reaktor Chernobyl tersebut. Namun temperatur reaktor sudah terlalu tinggi dan ia sudah “memakan” semua yang ada di sekitarnya sampai ke wadah pelindung, Hal itu sangat mengerikan. Campuran yang telah meleleh tersebut, biasa disebut corium, mengandung bahan bakar radioaktif yang dicampur dengan pasir, bagian-bagian reaktor, grafit, dan puing-puing serta campuran bahan kimia lain.
“Lava” radioaktif ini memakan semua yang menghalangi jalannya termasuk fondasi yang terbuat dari beton dan memadat di koridor ventilasi di ruang bawah tanah reaktor.

Gumpalan bahan kimia yang memiliki lebar beberapa meter ini mengemisikan radiasi yang sangat banyak yang dapat menyebabkan kesakitan dan bahkan kematian, cukup dengan beberapa detik saja terkena radiasinya.

blank

Ketika diukur, kaki gajah mengeluarkan radiasi sebesar 10.000 sinar X per jam. Ini berarti satu jam terkena radiasinya setara dengan 4,5 juta kali melakukan rontgen dada.

Terkena radiasi selama 30 detik akan menyebabkan pusing dan kelelahan. 2 menit terkena radiasi akan membakar sel-sel tubuh yang akan menyebabkan pendarahan di dalam tubuh.

5 menit atau lebih terkena radiasinya bisa menyebabkan kematian dalam 48 jam.

Ketika kamu menyentuh kaki gajah…
Dalam waktu singkat kamu bisa meninggal.
Bisa dalam 8 menit.
Tanganmu bisa menjadi merah menyala dan yang bisa terjadi bisa kamu lihat di gambar di bawah:

blank

Namun bisa dipastikan anda akan mati dahulu sebelum bisa menyentuh kaki gajah tersebut, karena para tentara yang menjaga area tersebut telah mengumumkan bahwa siapa saja yang ingin menerobos ke dalam reaktor akan ditembak seketika.

referensi :

https://allthatsinteresting.com/elephants-foot-chernobyl diakses pada 3 September 2022.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *